Langsung ke konten utama

3 TIPS MEMBUAT PRESENTASI LANCAR LUAR BIASA

  3 Tips Membuat Presentasi Lancar Luar Biasa

Assalamu'alaikum, Alhamdulillah saya baru bangun dari mimpi panjang... hehe baru tergugah hatinya untuk menulis lagi. Maafken saya, oke lanjut ya. Kali ini saya akan berbagi tips mengatasi rasa takut (gugup) ketika presentasi di depan teman-teman kampus kalian dan membuat presentasi kalian sukses luar biasa. wkwkwk.

   Wajib bagi kalian yang sedang menempuh masa kuliah untuk mengusai cara presentasi. Sehingga akan memunculkan hal yang tidak terduga. Kuliah tidak akan menjadi masa dimana kalian hanya akan berdiam diri di bangku. Saya yakin masih ada rasa takut pada diri kalian ketika berbicara di depan saat presentasi, ini sering saya alami awal-awal perkuliahan, hehe maklum lah mahasiswa baru, dan saya juga yakin kalian punya keinginan kuat untuk membuat presentasi kalian mantab. Jadi mari belajar bersama karena saya juga akan selalu belajar. Jangan takut melangkah.

3 Tips Membuat Presentasi Lancar Luar Biasa

   Presentasi adalah komunikasi yang terjadi di antara penyaji (presenter) dengan pendengar (audiens) dalam situasi profesional untuk tujuan tertentu dengan menggunakan teknik dan media yang sudah direncanakan.
Sebelum kita melangkah lebih jauh, berikut saya akan menampilkan perbandingan presentasi yang baik dan buruk sebagai gambaran umum kalian.




Perbandingan Presentasi yang Baik dan Buruk

Presentasi Yang Baik
Presentasi Yang Buruk
Energi dan penuh semangat
Tujuan tidak jelas
Kontk mata dengan audiens
Postur tubuh kurang baik, tidak ada kontak mata, dan berbicara dengan suara yang monoton
Berbicara dengan jelas dan cukup keras
Pengulangan yang tidak perlu (dalam presentasi atau dari pembicara sebelumnya)
Sesekali bergerak saat berbicara
Kurang persiapan
Meggunakan anekdot dan humor yang sesuai
Terlalu rumit atauu terlampau sederhana bagi audiens
Mengenakan pakaian yang serasi
Terlalu banyak slide
Argumen-argumen terstruktur dengan baik
Slide tidak bisa dibaca
Slide dapat dibaca
Penggunaan efek-efek teknik powerpoint yan berlebihan dan warna yang buruk pada slide
Tipe slide bervariasi dan Variasi teknologi lain misalnya video
Penggunaan peralatan teknis yang keliru
Selesai tepat waktu
Melebihi waktu
  • Mempersiapkan Diri
     

    Mengapa yang pertama adalah mempersiapkan diri? kalian pasti tahu jawabannya. Mempersiapkan diri berarti kalian harus menguasai materi yang akan disampaikan, mengenal siapa audiens kalian, menyiapkan media presentasi, memeriksa alat dan media tersebut, dll.  Salah satu alasan rasa takut kalian adalah kurangnya persiapan, ini sering dan mengakibatkan grogi, gemetar, gugup takut ada pertanyaan yang tidak mampu dijawab, atau takut audiens tiba-tiba ingin keluar ruangan karena melihat kita, bla bla.. hehe
  • Membuka Presentasi dengan Baik
     

    kurang lebih 5 menit pertama, adalah saat-saat yang menentukan dalam presentasi, karena ikatan emosional kalian dengan audiens sedang dimulai loh, jadi jangan sia-siakan kesempatan itu, mulailah pembukaanmu yang kuat dan meyakinkan, dan disini rasa percaya diri kalian dipertaruhkan, wkwkwk. Sikap percaya diri sering tidak muncul karena merasa diri memiliki kemampuan di bawah orang lain, merasa tidak sanggup bersaing, merasa silau dengan kehebatan orang lain, dll. Percayalah kemempuan kita tidak jelek-jelek amat kok. hadapilah dengan gagah berani, namun tetap dengan rendah hati. Rencanakanlah prembukaan dengan baik, sebisa mungkin lancarlah pada awal-awal kalimat yang disampaikan, insyaAllah selanjutnya akan lancar. Usahakan jangan tersendat. Misalnya ucapkan salam dan tatap teman kalian dengan ramah, berikan senyuman termanismu, hehe.. dan lakukan itu dengan ketulusan.contoh kalimatnya kalian bisa cari di google ada banyak. hehe. Begitu juga dengan kalimat penutupnya carilah!. 😁

    • Memperhatikan Bahasa Tubuh



      Jangan biarkan gangguan apapun membuat emosi kalian tidak terkendali dan kemudian kalian berbuat diluar etika, tetap jaga sikap dan bahasa kalian sebagai mahasiswa yang profesional, hehehe. Itulah sebabnya penampilan dan bahasa tubuh menjadi unsur penting dalam presentasi. Hilangkan segala keraguan mereka seolah-olah kalian adalah presenter yang cukup kompeten dan memiliki pengetahuan yang luas, hahaha. Kalian bisa meggunakan pakaian yang mengesankan, gerak tubuh, hingga data atau nformasi pendukung. Kemudian perhatiakan gestur di dalam ruangan, misalnya jangan hanya stay di tempat yang sama, berdirilah dan dekati audiens. Bahasa tubuh harus wajar, bersemangat, dan santai. Berikut adalah kesalahan bahasa tubuh yang harus kalian hindari: menghindari kontak mata, bungkuk, tak bisa diam, berdiri seperti patung, tangan masuk di saku, meniru gaya, gerakan berbunyi, dan humor berlebihan.



    • Alhamdulillah, semoga 3 Tips Membuat Presentasi Lancar Luar Biasa di atas bermanfaat, hehehe. Silahkan corat-coret pada komentar isi apa saja, mau itu saran, kritik, sanggahan, dll, dengan senang hati loh saya akan terima, karena ini semua untuk memperbaiki tulisan yang masih sangat kurang sempurna. 😀👌 Sampai jumpa..









      DAFTAR PUSTAKA
      Desvia Noor. Sukses Bisnis Karier dan Kuliah Berkat Sukses Presentasi. Zain Publishing. Yogyakarta. 2012.
      Endra K. Prihadhi. My Dream Career. PT Elex Media Komputindo. Jakarta. 2011.


Komentar

  1. Hmmmmm... Salam kenal kak ,
    Jangan lupa mampir di blog saya
    www.rakyatsukses.blogspot.co.id
    Ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya salam kenal maghfur, InsyaAllah saya akan mampir :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK KONSELING KOGNITIF (Contoh Teknik Cognitive Restructuring dan Teknik Self-Talk)

 TEKNIK KONSELING KOGNITIF (Contoh Teknik Cognitive Restructuring dan Teknik Self-Talk) Disusun Guna Memenuhi Tugas UAS Mata Kuliah: Teknik Layanan Bki Dosen Pengampu: yuliatun S.Ag, M.Si Disusun oleh: 1.       Rin Ismiyati                (1640110005) 2.       Hesti Pujiningtyas       (1640110011) 3.       Villayanti Futika Sari (1640110023) 4.       Desti Widiana             (1640110033)   INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS JURUSAN DAKWAH DAN KOMUNIKASI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TAHUN 2018

METODE DAKWAH KONTEMPORER

MAKALAH METODE DAKWAH KONTEMPORER Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Metodelogi Dakwah Dosen Pengampu: H. Zaenal Khafidin, M.Ag. Disusun oleh: 1.       Alfina Rahmawati         (1640110002) 2.       Yatman                          (1640110013) 3.       Villayanti Futika Sari    (1640110023) 4.       Desti Widiana                (1640110033) JURUSAN DAKWAH DAN KOMUNIKASI PRODI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS TAHUN 2017

PROSPEK KERJA JIKA MASUK JURUSAN BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM

Kalian yang bingung dengan jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam jangan khawatir karena disini saya akan sedikit memberi gambaran dari beberapa sumber mengenai prospek kerja jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, dan jangan takut masuk di jurusan ini karena ini jurusan tidak kalah dengan jurusan yang lain kok. Asal kalian bersungguh-sungguh dan waw deh. hehe. Tujuan Jurusan BPI Jurusan BPI siap mencetak tenaga-tenaga professional sebagai Pembimbing, Penyuluh, Konselor, dan Terapist agama atau spiritual yang banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor, sesuai dengan trend perkembangan saat ini yang butuh sisi spiritual dalam berbagai aspek kehidupan. Karena itu keahlian Jurusan BPI, diorientasikan kepada Keahlian Teoritik dan Keahlian Praktik di bidang bimbingan, penyuluhan, konseling, dan psikoterapi Islam.